Pages

BEHIND THE SCENE: CAR FREE DAY

Hello makhluk-makhluk dari berbagai spesies. Gimana kabar lo pada? Baik kan? Setidaknya (bisa jadi) sama kayak gue yang terus-terusan menggalau #ahguebohongkok hehehe. Btw, cepet banget yah gue nongol lagi di tempat sampah online ini. Hmmm... tapi bodo amat ah.

Beberapa hari yang lalu, di sini, gue udah keluarin sedikit uneg-uneg gue, ya. (yang belum baca klik di sini!). Sekarang, gue bakal ngajakin lo untuk bersenang-senang.

Minggu, 24 Mei 2015. Pukul (kurang lebih) 4 pagi.

Gue bangun dari tidur yang sukses mengantar gue menuju alam penuh angan, alam yang tak pernah terduga, dan alam yang berbeda. 

Huh, dinginnya pagi terlalu bersemangat membuat gue nyaris kembali menarik selimut yang sebenernya ngga pernah gue pake selama berbaring di ranjang tadi. Jadi, daripada gue beneran narik tuh selimut, alhasil akhirnya gue membuka laptop sembari bongkar foto-foto aib gitu... dan tentunya sambil menunggu azan Subuh #CeilehAlimCeritanya.

Pukul 5 pagi... sepertinya sebentar lagi suara azan bakal berkumandang membangunkan setiap manusia beriman untuk segera melaksanakan kewajibannya. Karena hal itu otomatis gue mempersiapkan diri buat mandi dan tidak lupa bernyanyi layaknya professional bathroom singer. Yah, begitulah aktivitas gue di pagi buta seperti itu (Sebenernya sih ngga gitu-gitu amat).

Kenapa gue mandinya pagi-pagi sekali yah? Padahal ini kan hari Minggu? Libur loh! Dan bukannya hari Minggu (hari libur) itu, harinya para pelajar/mahasiswa seperti gue ini mandinya 1 kali sehari? Biasanya sih demikian.

Baiklah. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas tak lain dan tak bukan karena gue diajakin ikutan CFD (baca: Car Free Day) di Udayana.

Segala persiapan sudah sip. Termasuk sketsa Bapak Presiden kita juga udah gue bawa di dalam backpack anti-iluminati gue. Sekarang giliran gue nungguin temen gue buat berangkat ke TKP samaan.

Sial! Sampe jam segini batang idung tuh anak kok belum nampak. Di mana... di mana... di mana... (Alamat Palsu – Ayu TingTing). Di mana dia? Gue udah siap loh ini. Fyuhh, gue nunggunya sambil nyanyi-nyanyi gitu sampe suara gue hampir habis. Tapi sebenernya sih gue ngga masalah buat dateng telat, toh sebenarnya gue ngga diwajibin buat dateng kok haha... Jadi selow aja atuh mah....

Beberapa menit kemudian.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu dateng bersama si... ah dia ngga barengan sama Rapael (?) Mana Rapael? Rupanya si Rapael sedang istirahat kali, ya, maklum dia lagi sakit-sakitan sekarang, hiks. (Bagi yang mengira Rapael itu manusia, maka lo salah besar). Oke skip.

Gue dan temen gue (sebut saja namanya Mawar Jhovy) pun berangkat.

Lagi. Di perjalanan, gue ngga berenti-berentinya ngeluarin suara perunggu ini, huh mudahan aja ngga ada yang mual ngedengernya. Syalalalalala. Sampe ngga kerasa akhirnya kita sampai. Dan sedikit telat, agak telat, cukup telat, bahkan lumayan telat.

CFD kali ini, kampus gue ngadain kayak sosialisasi gitu tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) alias ASEAN Economic Community (AEC) 2015.  Lo tau kan apa itu AEC? Kalo belum tau mending cari tau dulu gih, browsing kek. Oke?!

Banyak lho kegiatan yang menyemaraki rangkaian acara sosialisasi ini. Mulai dari pengenalan tentang AEC itu sendiri sampe acara hiburan seperti tarian, nyanyian, dan kuis.

FYI: ASEAN Economic Community (AEC) adalah sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antarnegara-negara ASEAN. Seluruh negara anggota ASEAN telah menyepakati perjanjian ini. MEA dirancang untuk mewujudkan Wawasan ASEAN 2020.

Dalam menghadapi persaingan yang teramat ketat selama MEA ini, negara-negara ASEAN haruslah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang trampil, cerdas, dan kompetitif. (sumber: Wikipedia).

Hmm... sebenernya sih gue ngga fokus membicarakan tentang kegiatan itu di sini. Tujuan utamanya sih, gue mau berbagi kesenangan aja.

Mau tau kesenangan yang gue maksud? Cekidot:


Noh, lo bisa lihat sendiri kan gimana suasana pagi di Udayana saat Car Free Day?. Rame yah. Cuma gue masih rada bingung, kok motor/mobil atau kendaraan bermesin lainnya ngga ada berlalu-lalang sih? Kan gue kangen... apa semua benda-benda itu sudah dimusnahkan dari Bumi?

Hahaha... huelahdalah... jelas ngga ada lah. Kan ini CFD, bok. :p

Pagi itu alam bersahabat banget. Hawanya ngga terlalu dingin dan ngga terlalu panas, pokoknya pas dah. Cocok buat para jomblo kayak gue ini menghabiskan waktu paginya di lokasi ini. Coba aja lo saksikan di foto, banyak manusia yang bahagia bisa melupakan segala macam tugas yang terus-terusan menjerat mereka, yaitu dengan jalan santai, atau jogging atau sepedaan. Ada yang bareng keluarganya, ada juga yang bareng pacar, ada yang ngajakin temen, dan bareng binatang peliharaan, bahkan (mmm... ngga enak gue nyebutnya) ada lho yang sendirian. Abaikan woy! Lanjut!

LO TAU KAN KEBIASAAN TEMEN-TEMEN GUE KALO SUDAH ADA DI SUATU TEMPAT DAN ADA KAMERA? YAH, TEBAKAN LO BENER. GUE TAU ITU KOK. DAN LO JUGA TAU.

Dan ini dia hasil jepretan mereka. Narsis.



Gue ngga ikutan lho... gue kan bukan orang yang narsis di depan lensa kamera. Gue hanyalah makhluk Tuhan paling seksi yang terlalu gawl. Inget! Gawl dan gaul itu bukanlah hal yang sama. Gue gawl, lo gaul. So, kasta kita berbeda broh....

Tanpa adanya ajakan dan paksaan, gue ngga bakal tiba-tiba menampakan diri dalam sebuah foto. Lo tau lah, gue kan manusia, bukan jelangkung yang datang tak dijemput - pulang tak diantar itu. Gue juga males memperlihatkan wajah cakep gue ke khalayak luas, kecuali yaaaaa ada paparazi gitu. BZZZZZZZZ

Contohnya seperti ini!

Entahlah kapan ini diambil. Entah kenapa gue terlihat amat ganteng. Entahlah kenapa hanya gue yang hadap kamera. Entah kenapa kumis gue cuma ujungnya aja yang tebel (jangan diperhatikan, plis). Waduh!

Eh, ngomongin soal kumis. Bukan! Maksud gue ngomongin soal CFD. Di atas gue udah nyebutin kalo di acara ini bakal ada acara hiburan kan? Baiklah, tidak ada salahnya gue share tentang rangkaian acara itu.


TARIAN-TARIAN

Penampilan pertama, kalo ngga salah sih dari temen-temen yang nampilin tari kreasi, yaitu kumpulan tari tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

YOU KNOW? Ada dua pembunuh lho yang ikutan nari. Bisa jadi itu adalah salah satu cara mereka buat nyembunyiin sisi paling gelap dalam hidup mereka, hahaha... *peace ya Iin & Omi* :p





Kalo dihayati lebih mendalam dari foto-foto itu. Gue yakin otak lo akan menyimpulkan bahwa penampilan mereka agak ngga kompak! Memang begitu adanya! Maaf, gue frontal. Tapi di sini gue juga mau menjelaskan sedikit kenapa hal itu bisa terjadi: itu terjadi karena lo kan tau, mereka (ada terkecuali) itu bukan penari sungguhan, mereka hanya orang biasa yang disunahkan bisa menari. Dan lo juga tau kalo persiapan mereka sangat mendadak gila, tanpa adanya pelatih. Ngenes memang!

Maka dari itu gue bakal tetep kasih mereka jempol gue ini buat mereka karena bisa melakukan itu semua, lebih dari cukup.

Selain tari kreasi, ada juga tari tradisional asli tanah papua yang turut membuat mata setiap pengunjung menjadi semakin belo. Tari yang simpel, tapi keren, tapi punya makna yang mendalam, tapi blablabla itu sungguh membuat gue terkadang merinding sendiri. Gue lupa, gue merinding karena ngeliatin tarian itu, atau merinding karena nahan eek. Oke, jangan dibahas.




 

Tarian itu ditampilkan oleh mahasiswa-mahasiswa asli Papua lho yang merantau menuntut ilmu hingga ke sini. Ternyata mereka memiliki bakat terpendam. Salut!


NYANYTIAN



Gue suka banget ngedenger suara emas mereka, gue jadi minder dengan suara perunggu yang gue punya. Apalagi mereka pinter banget ngebagi suara. Pokoknya ini keren dah. SUMFEH ANA ZUZUR.


Penampilan yang itu beda lagi, coy. Keliatan kok dari orang-orangnya.

Sayangnya, penampilan mereka penuh dengan kendala. Miris! Pertama, matahari sudah mulai membuat keringat bercucuran. Kedua, para pengunjung sudah mulai pengen pulang. Dan kendala terakhir yang akan saya sebutkan ini adalah kendala yang bener-bener kendala. Kendala terakhir itu, MICROPHONE-NYA BERMASALAH!!!!! OH NOOOOO!!!

Suara berliannya si Vita (kiri) dan Nimok (kanan) jadi ngga kedengeran kan. Mana audio engineering-nya malah cuek gitu. Ah sumpah gue dibikin bete. GUE SEBEL. GUE KECEWA. GUE.......... ARGGGHHH!

Anehnya, pas Dede (kelas B, vokalis cowok) tukeran mic yang dipakenya yang (sepertinya) tidak ada masalah dengan kedua cewek itu. Malah mic itu jadi ngga berfungsi ketika dipake oleh mereka dan mic yang dituduh rusak itu malah berfungsi normal ketika si Dede itu yang pake. Duh... mic-nya yang kurang ajar atau mungkin ..... ah entahlah :D

Satu lagi, kok Vita ketawa mulu, ya (?) Oalah.

Fyuh, walaupun gitu, setidaknya penampilan mereka itu menghibur. Bahkan kaki gue tanpa sadar ikut goyang mengikuti ketukan setiap irama musik yang menelusup ke dalam telinga. Thumbs up!

KUIS

Dengan soal yang super kacang, sebenernya anak SD pun bisa jawab setiap pertanyaan yang diajukan. Lumayan lho, yang bisa jawab dengan tepat dan bener bisa bawa pulang coklat. Bisa makan sendiri atau buat pacar loh, atau kasih gue juga ngga apa-apa kok, gue ikhlas nih :D

Pemandangan di belakang foto ini diabaikan saja ya :)

GAMBARAN

Ini adalah alasan kenapa gue disuruh ikutan, dan mau ikutan.


Gambaran gue dipajang meski di pigura yang kacanya pecah! Sekadar info, itu sketsa Bapak Joko Widodo. More art...


Gambaran gue ngga ada apa-apanya kalo dibandingin sama gambarannya si Erys, yang sudah famous itu loh. Keren kan. WOW. AMAZING!

#KembaliUntukBersenangsenang

Lihat beberapa momen ini!

Dan gue akan mengomentari setiap momen yang ada.

Bismillah...


Ini gue sedang sama Nimok duduk di trotoar. Eh, kita bukan gembel loh, ya... Kita hanya istirahat sejenak.

Di situ kita duduk sambil minum es dagangan kelompoknya si Wahyu (panggil saja dia Wahyu You). 

Wet, apakah gue sengaja berpose begitu? Atau ada yang gue liat? Kalo dilihat-lihat sih gue mirip Arifin Putra, ya (bagi yang ngga kuat buat bacanya, silakan lambaikan tangan ke kamera hehe).


Penggemar Get Rich ini namanya Yosi. Entah nama itu ia dapet darimana, dan gue ngga peduli.

Ohiya, Yos, lo kok agak kurusan? Lo capek keliling dunia, ya? Makanya cari pacar dari golongan manusia dong, jangan malah pacarin Get Rich mulu. *peace*.


Begitu lihat foto ini, gue langsung fokus ke Pande. Gue sampe ketawa sendiri ngeliatin pose-nya. Huaaaa..... Lo ngapain sih, Nde? Ngebenerin posisi tas sampe gitu amat wkwkwk.

Gue mau wakilin kata hati kecil lo nih, Nde, “Gue ngga diajakin fotoan, broh.” #miris


Waduh, Jop... itu kan tas lo? Kok ada di pundak gue yah haha. Dan plis deh Jop, bisa tutup mulut dikit ngga?, ntar masuk laler lho-_-

Yos? Gue tau kok lo banyak duit palsu, daripada dipamerin, mending traktir gue yuk.

PANDEEEEE ngenes banget sih lo... ngga diajakin fotoan (lagi), ya? Aih lo mah gitu, Nde... coba lo bilang ke kita kalo lo pengen ikutan, pasti kita ajak kok L Kan sayang banget kalo wajah ganteng nan rupawan yang Tuhan anugerahkan untuk lo ngga bisa dilihat sama yang ‘onoh’.

Dan untuk Nimok, senyum lo kok ngga ikhlas gitu yak? Lebih ke kayak orang nahan eek sih wleks :p


JIDUUUUUUNNNNNNN, bisa ngga sih megang benderanya biasa aja gitu? Bisa ngga batu akik itu dilepas bentar? Silau, men!!!


Tangannya di pinggang. Gaya si Wahyu You sama Mas Angga kembar gitu sih. Penyakit encoknya kambuh ya? Haha.

Wahyu You, encok gegara lelah jual es yang sendok untuk ngambil buahnya lupa dibawa. Sedangkan Mas Angga, encok gegara emang udah tua :D hahaha.

Eits, lo ngga bisa kabur dari komentar gue, Malik... FLAT banget yah ekspresi lo! Lagi galau ya kayak gue? Tapi jangan diliatin dong muka galaunya.

Milak!! Gimana kabar? (Gue ngga nanya sama yang pake T-shirt D*zzy, tapi gue nanya sama mbak-mbak di nametag itu loh).


Lihat Dani, si pemilik teori kaliadem. Muka jonesnya terabadikan kamera wkwkwk.


Zoom in, please. Lihat Rajidun sedang ngapain :D


Zoom in (lagi), please. Lo tau kok apa yang terjadi di belakang haha. Ohiya, hampir lupa... Ciyeee Isti giginya dikeramikin uhuuukkk.


Eta, gimana perasaan lo minum es itu? Butuh perjuangan yah buat makan potongan-potongan buahnya L gue ngalamin juga masalahnya hiks....


Duh rambut gue katrok amat, yah. Tapi gue mah selalu bersyukur orangnya dan gue adalah gue #apaansih.

Buat Lizi, apa ngga netes tuh iler kalo keadaan mulut seperti itu? #AbaikanWoy!.

Eh kayaknya udahan aja yuk, takut ntar gue kualat ngolok mereka semua. Gue khilaf, sobat... gue khilaf.

Maaf, ye kalo ada salah kata yang membuat kalian tersinggung... Dan maaf juga, soalnya gue ngga bisa upload dan komentarin setiap foto yang ada dikarenakan ntar blog gue berat gara-gara masukin foto muka tablo kalian, juga karena emang gue ngga punya file foto yang lain sih.

For Your Information:

Setelah acara ini berakhir, kita langsung caw ke rumah Wahyu You buat ngerjain tugas.

Di tengah perjalanan, ban motornya Jidun petjah :o Mana tambal ban di jalan itu susah banget dicarinya, tutup semua... Tapi ya... semua berakhir membaik dan kita tiba di rumahnya Wahyu You, eh bukan deng, maksudnya rumah bokap nyokap-nya Wahyu You.

Apa yang kita lakuin di sana? Ini jawabannya: 30% belajar, 40% makan-makan, 20% bongkar foto, dan 10% lain-lain.


Oke, see you, readers!!!

Firdi Ramadhan

6 komentar: