Pages

MEMINDAI LOMBOK DARI SISI YANG LAIN

Sebagai manusia, hidup memang harus dijalani secara seimbang. Setelah badan lelah dengan tumpukan kewajiban di hari kerja, maka sudah seharusnya kita memberi hak kepadanya untuk dapat berelaksasi. Dengan berlibur, misalnya.

Berlibur sekiranya dapat memperbaiki suasana hati dan pikiran yang telah dipaksa untuk menyelesaikan tugas beserta masalah-masalahnya. Lalu, berbicara soal berlibur, kita tidak perlu membahas terlalu jauh seperti jalan-jalan ke Eropa, Amerika, atau negeri seberang lainnya. Cukup dengan menyisir serpihan surga di bumi pertiwi ini saja dirasa sudah mewakili arti sebuah liburan yang berkualitas.

Bersama ribuan pulau yang menghiasi negeri ini menjadi alasan bahwa Indonesia merupakan salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan. Kemudian karena ribuan pulau itu juga membuat penulis merasa kebingungan jika harus memilih bagian Indonesia yang mana yang sebaiknya diulas dalam tulisan kali ini. Namun, oleh sebab penulis adalah Putera Sasak, maka tidak pantas jika penulis masih merasa bimbang dalam menentukan pilihan.

Adalah Lombok, salah satu pulau besar selain Pulau Sumbawa yang menyusun provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebutan pulau besar tersebut sebenarnya hanya keinginan penulis untuk menggambarkan betapa kompleksnya Lombok menyimpan keindahan di atas tanah yang mungil. Lombok yang selalu membuat seseorang tidak pernah bisa menghabiskan serentetan cerita yang ada di dalamnya. Lombok yang melahirkan Bajang dan Dedare (bahasa sasak: Putera dan Puteri) Sasak. Sasak yang merupakan suku di pulau yang dikenal juga dengan sebutan Gumi Gora ini.

Pada ulasan ini, penulis akan mengangkat sisi lain dari Lombok yang sebenarnya tidak melulu tentang Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Air Terjun Benang Kelambu, atau Gunung Rinjani. Lombok sendiri masih punya banyak objek pariwisata lain yang begitu jarang disampaikan. Mari kita kuak secara blak-blakan satu per satu.
Image may contain: mountain, sky, outdoor and nature
Sumber: Album teman (Haerul Rozi) - Puncak Gunung Rinjani
DESTINASI WISATA HALAL

Beberapa tahun yang lalu, tepatnya pada 2015 dan 2016 Lombok selalu berhasil membawa pulang penghargaan Wisata Halal Dunia pada beberapa kategori. Hal ini sangat berkaitan dengan keberadaan muslim yang menjadi agama mayoritas. Selanjutnya Lombok bahkan amat kental juga dengan julukan Pulau Seribu Masjid. Tidak sembarang diberi label seribu masjid, ini dikarenakan Lombok sendiri memang memiliki bangunan masjid sekitar lima ribuan. Jadi tidak heran jika saat berkunjung ke Lombok kita akan menyaksikan beberapa masjid ada yang saling berhadapan bahkan bersebelahan.

Uniknya lagi, ketika akan dilangsungkan ibadah sholat jum’at, di beberapa tempat memberlakukan sistem bergilir. Maksudnya, minggu ini sholat jum’at dilakukan di Masjid A, minggu depan di Masjid B. Saking banyaknya masjid-lah yang membuat kondisi seperti itu bisa terjadi. Tentu saja hal tersebut kemudian bisa menjadi sarana untuk mengeratkan tali persaudaraan antarpenduduk desa di Lombok.

Selain keunikan tadi, terdapat keistimewaan lain yang dimiliki dari adanya ribuan masjid di Lombok. Setiap kali seruan azan dikumandangkan, maka akan terdengar seperti saling bersahutan tiada henti. Pun saat Bulan Ramadhan, pengeras suara masjid biasanya digunakan untuk membangunkan umat Islam untuk melaksanakan santap sahur. Kejadian lucu yang pernah penulis dengar perihal peristiwa itu terkait dengan adanya seorang wisatawan mancanegara yang menginap di suatu hotel sempat terbangun dan panik mengira terjadi suatu bencana, setelah ia bertanya kepada resepsionis, ternyata suara ribut yang membuatnya kembali sadar tersebut adalah ajakan untuk segera makan sahur. Dan si pelancong hanya bisa menganggukkan kepalanya, lega.

Sumber: Album Pribadi - Menara IC Mataram
Salah satu masjid ikonik yang ada di pulau ini adalah Masjid Hubbul Wathan atau yang masyarakat kerap sebut sebagai Islamic Center. Masjid yang terletak di pusat Kota Mataram tersebut memiliki arsitektur yang megah tanpa melupakan unsur budaya. Pada bagian dalam kubah masjid, ditampilkan corak songket, kain khas dari Lombok. Islamic Center di beberapa kesempatan acap kali mendatangkan tokoh agama dari seluruh penjuru dunia. Di Ramadhan tahun lalu saja, telah didatangkan empat imam besar dari negara Timur-Tengah yang memimpin terlaksananya ibadah sholat Isya dan Tarawih. Kemudian masih banyak lagi masjid-masjid lain yang punya karakteristik menarik di pulau yang terkenal dengan kangkungnya ini. Oleh karena itu, Lombok bisa dikatakan alternatif lain untuk dapat merasakan sensasi berwisata religi.



Image may contain: 1 person, standing, cloud, sky, mountain, outdoor and nature
Sumber: Album Pribadi - Sembalun
Tentunya identitas Lombok sebagai tujuan wisata halal bukan disebabkan oleh paparan sebelumnya saja. Berdasarkan penghargaan yang pernah disabetnya, Lombok menjadi destinasi wisata bulan madu halal yang diwakilkan oleh Sembalun. Sembalun pantas diberi gelar tersebut karena di kawasan dataran tinggi Lombok itu belum berdiri hotel berbintang yang umumnya syarat dengan ‘keharaman’. Pada kawasan dingin dan penuh tumbuhan stroberi itu, sepasang pengantin baru dapat menikmati bulan madunya dengan menyewa homestay. Begitu banyak tempat yang bisa dikunjungi di Sembalun, bentangan bukit, hamparan sawah, dan merupakan salah satu jalan untuk menikmati puncak Gunung Rinjani.




HOLOGRAM BUDAYA

Budaya adalah bagian lain dari tujuan untuk melancong. Segelintir orang berwisata agar mengetahui lebih jauh tentang budaya di suatu lokasi. Dan untuk memenuhi keinginan-keinginan seperti itu, Lombok pun masih bisa menawarkan sebuah desa wisata budaya yang siap mendeskripsikan Lombok secara gamblang.

Desa Sade. Satu di antara banyak desa wisata budaya yang ada di Lombok. Dalam desa ini akan diceritakan bagaimana seorang perempuan harus mahir menenun agar nantinya dapat ‘dicuri’ ketika hendak menikah. Dicuri merupakan rangkaian adat merarik (bahasa sasak: menikah) di bumi sasak. Tanpa sepengetahuan keluarga, calon mempelai wanita dibawa ke kediaman keluarga calon mempelai pria untuk dipingit sebelum dilangsungkan acara akad nikah. Barulah ketika prosesi penculikan itu diketahui oleh pihak keluarga masing-masing, maka akan dilakukan musyawarah mengenai kelanjutan nasib kedua calon mempelai. Setelah sepakat untuk menikah, akan diselenggarakan akad nikah yang dirangkai dengan berbagai adat dan biasanya diakhiri dengan nyongkolan (bahasa sasak: iring-iringan pengantin).

Desa Sade juga akan mempertontonkan bagaimana kehidupan warga mereka, apa mata pencaharian mereka, seperti apa tradisi presean (permainan perkelahian memakai rotan dan ende), dan yang paling dicari adalah bagaimana penduduk merawat lantai rumah dengan menggunakan kotoran sapi/kerbau. Kotoran yang dinilai mampu memperkuat bangunan rumah. Sebuah esensi budaya yang terkesan menjijikkan, namun itulah budaya, memiliki keunikan tersendiri.


RAHASIA, INI SENSASI TERITORIAL PRIBADI

Ada beberapa tempat yang keberadaannya diyakini punya sensasi private. Padahal berbagai tempat yang pastinya sangat minim dikunjungi itu memiliki panorama yang memukau. Sebut saja Pantai Tangsi (pantai pasir pink). Akan tetapi di sini penulis tidak ingin membahas keindahan pantai itu, melainkan malah tertarik untuk menggosipkan air terjun yang mengalir di Tete Batu, Lombok Timur. Air Terjun Burung/Sarang Walet menjadi pilihan sebab salah satu air terjun di kawasan Tete Batu ini dapat dikatakan cukup tersembunyi.



Image may contain: ocean, sky, cloud, outdoor, nature and water
Sumber: Album Pribadi - Pantai KLU
Selain Air Terjun Sarang Walet, pantai berikut menjadi salah satu pantai yang suasananya membuat diri kita serasa memiliki pantai sendiri. Pantai yang terletak di Kabupaten Lombok Utara tersebut terbilang komplit dalam menyediakan pemandangannya. Pantai yang bersih dan tenang, membuat pantai ini cocok dijadikan lokasi bermeditasi jika lika-liku kehidupan yang sudah berjalan diliputi oleh problematika. Dari sini senja amat indah untuk ditatap, dari sini satu pulau dari tiga gugusan gili di Lombok dapat terlihat, dari sini siluet Gunung Agung di Bali sana dapat disaksikan dengan jelas. Sungguh menakjubkan, bukan?





KULINER

Tadi penulis sempat bilang bahwa Lombok terkenal dengan kangkungnya. Membahas mengenai kangkung, maka memang tidak afdol jika saat membicarakan suatu tempat tapi tidak membahas soal kulinernya. Di pulau yang juga dianggap saudara kembar Pulau Dewata ini menjadikan kangkung sebagai komoditas primadona. Kangkung Lombok memiliki keunggulan rasa yang lembut, juga selalu terlihat segar meski telah diolah. Biasanya masyarakat setempat mengolah kangkung menjadi kudapan pedas bernama pelecing. Pelecing merupakan salad khas Pulau Lombok dengan kangkung sebagai bahan utamanya, ditemani tauge, lalu disertai parutan kelapa yang telah dibumbui dan diakhiri dengan siraman sambal yang terkenal membakar lidah.

Kuliner lain yang juga telah melanglang buana dibicarakan orang banyak adalah ayam taliwang, sate rembiga, dan sate bulayak. Namun ada satu jenis makanan yang semacam terlupakan seharusnya patut dikenalkan juga kepada lidah masyarakat luas yaitu sayur bernama ares. Ares sendiri berbahan dasar bagian dalam dari kedebong (batang) pisang yang dimasak bersama kuah santan yang sudah dicampur dengan rempah-rempah Indonesia. Mirip gulai, tapi lebih sehat karena tidak mengandung daging yang bisa bikin darah tinggi. Hal yang membuat ares menjadi cukup asing di telinga dikarenakan minimnya rumah makan yang menyediakan santapan itu di dalam menu mereka.

Dalam mencari makanan yang sesuai syariat Islam di Lombok tidaklah sulit. Terlebih Lombok merupakan destinasi wisata halal di dunia. Sehingga untuk masalah perut, di Lombok sih aman-aman saja.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEX66loG3tN1VtCP6Bc9ZLXTUgWifCHkvUgkNc97lPlWUt2Lstq_dScLDZYKQC4smKJFVObjfvDQOba8Y6AiNhVVnDGPlk5MXxPI0xalKFGrWJ4EH7n1NG7U7Q9nZ4hIKfulkhH4Qnlp4a/s1600/SKYSCANNER+2.jpg


Nah, bagaimana? Hati mulai tergerak untuk bertandang ke Lombok? Dong ayok ke Lombok, nanti gak mau pulang. Jangan takut kantong terkuras habis, kini langit sudah punya alat pemindai yang akan membantu calon pengunjung cerdas untuk dapat jalan-jalan dengan bijak. Ya, Skyscanner merupakan pilihan tepat bagi mereka yang mau memindai informasi mengenai situs yang menyediakan harga Tiket Pesawat, kamar hotel, dan penyewaan mobil yang pas untuk dompet. 

Mengapa Skyscanner? Sesuai dengan sepemahaman penulis, ada beberapa alasan yang membuat kita harus memilih Skyscanner untuk menemani perjalanan wisata yang akan dilakukan.

MUDAH DIGUNAKAN
Skyscanner memiliki sistem operasional yang mudah digunakan. Situs yang juga berbasis aplikasi ini mampu memindai dengan cepat hanya dengan memasukkan beberapa kata kunci saja. Misalnya saja untuk mencari informasi mengenai Tiket Pesawat... Dalam hal ini, kita hanya perlu memasukkan informasi dari mana kita berangkat dan ke mana tujuan kita (Lombok: Bandar Udara Internasional Lombok/ Lombok International Airport atau justru mau multikota, bisa), kemudian kapan waktu keberangkatan (pulang-pergi/sekali jalan) dan kelas kabin yang diinginkan. Kemudian Skyscanner sudah dapat melakukan pencarian dengan menampilkan informasi penerbangan yang relevan.

Pada fasilitas urutkan dan filter yang tersedia akan memudahkan kita untuk menemukan tiket yang jodoh dengan hati. Skyscanner bisa mengurutkan tiket mulai dari termurah maupun dari keberangkatan yang paling cepat. Selain itu kita pun dapat memberikan akses kepada Skyscanner untuk memberitahukan perubahan harga tiket yang bisa saja terjadi.

Nah, untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang bersahabat, kita bisa memperolehnya dengan memilih Tiket Pesawat Garuda Indonesia. Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan yang terpercaya, mempunyai fasilitas lengkap dan juga telah meraih berbagai penghargaan. Sehingga tidak salah jika wisatawan menjadikan Tiket Pesawat Garuda sebagai pilihan utama untuk menemani perjalanan.

FITUR LENGKAP
Beres dengan urusan penerbangan. Selanjutnya kita harus memikirkan perihal tempat beristirahat apabila di daerah tujuan wisata kita tidak ada siapapun yang dikenal atau memang oleh sebab tidak ingin merepotkan orang lain. Skyscanner memiliki jawaban untuk itu, karena di situs/aplikasi ini terdapat sidebar "hotel" yang akan menampilkan daftar harga hotel, jenis hotel, dsb. Secara otomatis Skyscanner akan melakukan pemindaian sesuai dengan informasi yang telah dimasukkan pada saat melakukan pencarian untuk penerbangan.

Mengingat bahwa tidak semua tempat wisata dapat diakses menggunakan transportasi umum. Terlebih karena di Lombok sendiri keberadaan transportasi online masih dianggap tabu oleh sebagian kalangan/oknum masyarakat. Maka Skyscanner juga menawarkan diri untuk menyediakan informasi berkenaan dengan jasa penyewaan mobil yang tersedia di daerah tujuan. 

PRAKTIS
Dengan adanya situs/aplikasi 3in1, yaitu terkait tiket pesawat, hotel, dan penyewaan mobil membuat kita tidak perlu repot membuka situs/aplikasi itu-ini lagi. Ini berdasarkan pula pada Skyscanner yang telah memiliki jaringan hingga ke banyak negara di dunia. Dengan situs/aplikasi ini, semua kebutuhan wisatawan telah tercakupi di dalamnya. Dapat dikatakan bahwa Skyscanner hadir dengan mengedepankan prinsip efektivitas dan efisiensi terhadap segala hal yang berhubungan dengan perjalanan wisata.



Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Skyscanner ini tentunya memudahkan wisatawan dalam merencanakan liburan mereka. Dan untuk dapat menggunakan mesin pencari wisata ini, kita bisa mengaksesnya melalui website yang telah tersedia atau dapat mengunduh dan memasang aplikasinya melalui smartphone kalian.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

Firdi Ramadhan

22 komentar:

  1. wow keren banget gan, ane pengen kesana blm kesampean hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dong ayok ke Lombok, nanti gak mau pulang :) Pasti kesampean kok... ditunggu kunjungannya, gan.

      Hapus
  2. Ini menarik. Ini bukanya hanya tentang memindai lombok dari sisi lain. Bagi saya, tulisan ini menyiratkan bahwa Lombok itu "surga" yang diciptakan Tuhan di bumi ini. Dan secara tidak langsung juga tulisan ini bilang kepada kita, "Hey,Lombok yang lebih indah bisa kamu dapatkan dengan cara berkunjung langsung ke sini."

    Cus ke Lombok,yuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, gan. Sudah tidak ada alasan lagi seseorang tidak datang ke Lombok. Lombok itu bikin candu dan rindu loh.

      Hapus
  3. Ini menakjubkan. Kira kira kapan ya bisa ke lombok (?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk diatur dulu waktunya. Semoga dalam waktu dekat bisa explore Lombok. Waiting for ya :)

      Hapus
  4. Lombok memang rekomended bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, gan. Begitu banyak tempat yang bisa dijamah di Lombok ini.

      Hapus
  5. Terune Dedare
    Kayakx itu dch istilahx.
    Klo bajang kan artix muda ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, makasih atas revisinya. Maklum mengetiknya malem-malem hehe

      Hapus
    2. Proud of u, my best student 😁

      Hapus
    3. Whoa, my best teacher mampir juga. Terima kasih...
      It's my duty to call people to know more about land that has raised me.

      Hapus
  6. foto-foto dan kata-kata yang terangkai, luar biasa��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Akan lebih luar biasa jika dapat dirasakan langsung oleh indera kita.

      Hapus
  7. Lombok memang banyak betul tempat yang bisa dijelajahi. Aku suka tenun Lombok dan kulinernya. Nagih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi buat gak datang ke Lombok. Songket memang memikat. Dan soal makanan, identik dengan pedas sesuai namanya... Pedas yg menghasilkan dopamine: bener-bener nagih.

      Hapus
  8. wahh ke gunung rinjani seru juga tuh...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah pasti seru kalo berhasil menaklukan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini. Kuy mampir ke Lombok dan rencanakan (:

      Hapus
  9. kirain tadi itu Danau Kelimutu, ternyata Rinjani. Belum berani ke salah satu 7 summit Indonesia :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu Danau Segara Anak hehe. Ayo bulatkan tekad supaya bisa nikmati salah satunya, mulai dari Rinjani mungkin. Kata orang, never try never know... sugestikan diri bahwa kita bisa dan berani :)

      Hapus
  10. Belum sempat mampir ke Desa Sade, hiks. By the way, writing style-nya bagus bangeet, ketjeeh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next trip harus ke Lombok lagi buat tengok aktivitas Suku Sasak di Desa Sade. Kan gak jauh juga tuh kalo mau ke Pantai Kuta Mandalika dan sekitarnya hehe. Wah terima kasih atas apresiasi beserta kunjungannya.

      Hapus