Pages

FILOSOFI QLAPA DALAM MEMBANGUN WADAH BAGI PRODUK HANDMADE DI INDONESIA


Mencintai produk lokal sudah menjadi keharusan bagi segenap bangsa sebagai upaya untuk ikut mendukung produk lokal itu sendiri agar dapat bersaing dengan produk impor. Begitu banyak pelaku bisnis lokal yang keberadaannya tergerus oleh pengusaha besar dari luar yang membuat industri mereka tersedat. Dengan usaha yang mandek tersebut, maka dikhawatirkan mata pencaharian mereka akan hilang atas pengaruh dari penurunan omzet penjualan.

Memperhatikan kondisi yang tidak menguntungkan di atas menuntut adanya media yang sekiranya bisa menciptakan interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap produk lokal. Salah satu alternatif solusi yang dapat dijalankan yaitu dengan menghadirkan sebuah lapak bisnis online yang memasarkan produk anak bangsa ke seluruh penjuru dunia. Sehingga diharapkan mampu mengangkat eksistensi dan kreativitas warga yang selanjutnya berdampak pada kemaslahatan masyarakat.

aneka kerajinan tangan,barang handmade unik,bisnis kerajinan tangan,etnik indonesia,handmade indonesia,kerajinan tangan,kerajinan tangan kreatif,kerajinan tangan unik,produk handmade,produk handmade indonesia,produk handmade unik,produk kerajinan tangan indonesia,produk qlapa,qlapa,qlapa adalah,qlapa batik,qlapa instagram,qlapa kreasi bangsa,qlapa rumahnya produk handmade indonesia,qlapa tas,qlapa tas kulit

Dengan mengedepankan prinsip efisiensi dan efektivitas dari sebuah situs diharapkan dapat menjembatani dan mengangkat produk lokal agar lebih dikenal dan diperoleh hasil yang maksimal. Untuk itu, Qlapa hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai jawaban atas pertanyaan, masalah dan harapan yang belakangan ini selalu diperbincangkan. Situs ini menjadi gebrakan pilihan untuk bisa memasarkan produk secara online.

Dapat dikatakan bahwa Qlapa sendiri merupakan kepanjangan tangan dari para produsen/penjual dengan konsumen. Di mana pokok operasionalnya dititikberatkan pada produk lokal yang selama ini belum menyentuh akses pasar. Dan yang perlu ditekankan kembali bahwa situs ini kental dengan tema yang diusungnya yaitu cinta terhadap produk lokal yang mana hal ini direfleksikan melalui sarana yang diberikan untuk menaungi berbagai jenis unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terkait produk lokal itu sendiri. Karena Qlapa percaya bahwa kurangnya akses masyarakat kepada produk lokal menjadi alasan utama kurangnya dukungan dan konsumsi produk lokal tersebut.  

Oleh karena itu, lahirnya Qlapa memang dilatarbelakangi atas dasar sebuah kebutuhan masyarakat untuk dapat memasarkan produknya sehingga mampu dikompetisikan secara global, terlebih saat pasar bebas mulai berkembang. Hal ini dikarenakan Qlapa merupakan media yang dapat terkoneksi dengan pembeli potensial secara luas. Dengan demikian, Qlapa sebagai penggiat usaha sudah berkontribusi sangat besar dengan mengedepankan produk lokal.

Dengan menimbang kepada paparan di atas, Qlapa memiliki fokus terhadap industri handmade di Indonesia. Kreativitas dalam bentuk kerajinan dan produk handmade Indonesia telah diakui secara de facto dan de jure oleh dunia, sebut saja seperti batik. Hal ini merupakan sebuah potensi yang dimiliki oleh Indonesia agar lebih dikenal di mata seluruh umat manusia. Maka dari itu, Qlapa sebagai wadah atau mall online siap menjajakan produk handmade unik mulai dari lifestyle, dekorasi rumah, kuliner, alternatif hadiah, dan berbagai produk buatan tangan lainnya yang dirancang baik secara tradisional maupun modern.


Mengapa handmade? Seiring dengan perkembangan zaman now, menyebabkan trend kekinian mulai bergeser dengan mulai diliriknya produk-produk buatan tangan manusia sebagai pilihan utama dalam berbelanja. Tentu saja hal itu karena berkaitan dengan kualitas dari produk yang dinilai lebih bagus jika dibandingkan dengan barang yang diproduksi secara masif. Selain itu, melalui proses manual pastinya setiap produk yang dihasilkan akan mempunyai keunikan satu sama lain dan terkesan eksklusif sehingga sulit untuk ditiru persis.

Lalu, haruskah berbelanja di Qlapa? Tentu. Situs yang lahir lebih dari 2 tahun ini memberikan begitu banyak pilihan kepada konsumen terkait dengan produk yang diinginkan/bermanfaat untuk mereka. Situs mall online yang terinspirasi dari kelapa ini memang berharap dapat sepenuhnya membagikan manfaat selayaknya yang dilakukan oleh kelapa. Untuk merealisasikannya, Qlapa terus membenah diri dengan menerima segala bentuk ide, saran, dan masukan dari semua kalangan demi tercapainya tujuan situs yang sangat mengutamakan kepercayaan serta kualitas dari layanan dan produk yang dijual.

aneka kerajinan tangan,barang handmade unik,bisnis kerajinan tangan,etnik indonesia,handmade indonesia,kerajinan tangan,kerajinan tangan kreatif,kerajinan tangan unik,produk handmade,produk handmade indonesia,produk handmade unik,produk kerajinan tangan indonesia,produk qlapa,qlapa,qlapa adalah,qlapa batik,qlapa instagram,qlapa kreasi bangsa,qlapa rumahnya produk handmade indonesia,qlapa tas,qlapa tas kulit

Saya sebagai salah satu pecinta produk lokal dan karya seni begitu bangga mengetahui soal kemunculan Qlapa di tengah-tengah masyarakat. First impression yang saya dapatkan sewaktu menelusuri situs ini sangat baik dan membuat saya betah berlama-lama ngekepoin segala macamnya. Hal ini tidak jauh karena tampilan website-nya yang elegan dan eyecathing. Tentunya ini selaras dengan begitu premiumnya produk yang ditawarkan di dalamnya.

Di Qlapa kemudahan saya peroleh ketika hendak menentukan jodoh terhadap produk yang saya inginkan. Saat berada di homepage sejumlah fitur telah teroptimasi untuk membantu saya dalam menyeleksi calon jodoh itu. Terdapat rekomendasi produk diantaranya Pilihan Editor, Produk Favorit, hingga Produk Terbaru. Pilihan Editor merupakan saran yang diberikan Qlapa mengenai fashion style terkini atau segala produk yang terkait dengan perayaan tertentu, sebagai contoh saat ini adalah Qlapa punya pilihan untuk menyambut Ramadhan.



Selain dari rekomendasi tersebut, kemudahan dalam memilih produk impian juga saya dapatkan berkat adanya fasilitas search engine dan/atau pemetaan produk sesuai kategorinya. Setelah berusaha mencari kandidat jodoh melalui fasilitas tersebut, maka saya diberikan beberapa anjuran produk yang relevan. Selanjuttnya saya bisa menyaring kembali saran tersebut agar lebih tepat sasaran, sebab di Qlapa terdapat fitur Filter Produk yang akan memfokuskan produk yang ditampilkan berdasarkan gender, karakteristik, pilihan ketersediaan, customizable, kisaran harga, lokasi, hingga bahkan dapat menyeleksi material produk. Saya pun dapat mengurutkan kembali dafar produknya, untuk hal ini saya mengurutkannya mulai dari harga yang termurah. Apabila bakal jodoh sudah terpapar di wajah lamannya, kemudian saya bisa memperoleh informasi yang lebih detail dan lengkap mengenai nomine produk pada deksripsi produk dan ulasan tentang produk yang tersedia.

Pada akhirnya pilihan saya jatuh kepada jam tangan merek Kubik yang berbahan dasar kayu dengan paduan leather sebagai strap-nya. Langsung saja, tanpa pikir panjang lagi saya memasukkan jam tangan unik itu ke dalam keranjang belanjaan. Hingga nantinya saya akan melanjutkan ke proses berikutnya. Qlapa memberikan beberapa cara transaksi, mulai dari transfer bank, kartu kredit, pembayaran melalui Indomaret, atau BCA KlikPay.



Berkat Qlapa saya tidak repot-repot lagi keluar rumah untuk mencari apapun itu, dan saya tidak perlu mengantre di kasir. Cukup buka website resminya atau buka melalui aplikasi yang saat ini hanya tersedia untuk OS, kita sudah bisa merasakan manfaat dari adanya marketplace yang punya visi misi keren ini. Ohya, di Qlapa kita juga bisa memesan produk sesuai keinginan loh… maksudnya, pada produk yang diberi label Customizable” menandakan bahwa produk bisa dipesan langsung dari pengrajinnya sesuai dengan permintaan untuk diatur dan dimodifikasi, terkait dengan disain, ukuran, atau unsur lain yang dimau.


Kemudian dapat dipastikan bahwa Qlapa merupakan rumahnya produk handmade Indonesia yang menyediakan puluhan jenis produk dengan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam bertransaksi. Cus, cobain belanja/berjualan di Qlapa dan bagikan pengalamanmu!.



Firdi Ramadhan

28 komentar:

  1. Apakah Qlapa menjamin semua produk yang dijualnya sama persis dengan apa yang ada di web atau aplikasinya, mengingat banyak portal online yang kini barang tidak sama ketika customer order, payment dan diterima, barang berbanding terbalik, hal itulah yg kurang percaya bagi saya bisa untuk berbelanja pada situs online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Mas Imam.
      Tentu saja di Qlapa tidak bisa menjamin semua produk yang dijualnya sama "persis". Hal ini berkaitan dengan jenis prok yang dijual yaitu produk handmade, yang artinya tidak mungkin ada produk yang persis satu sama lain (terlebih jika produk custom). Kalo produknya mirip, bisa. Tapi, di sini Qlapa begitu menjamin kualitas dari produknya, karena Qlapa telah memberikan standar khusus bagi produsen/penjual untuk dapat memasarkan produknya di Qlapa.
      Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, Qlapa menyediakan detail lengkap dan ulasan mengenai produk yang akan dibeli.
      Terima kasih.

      Hapus
  2. Saya melihat dari segi kreatifitas, bagaimana skrng ini ada wadah yg mau menaungi industei kerajinan tangan yg ingin maju. Qlapa tentu punya peran yg baik, dan semoga terua baik ke depannya. Tak ketinggalan ucapan terbaik utk blogger-nya yg memberikan tulisan yg sarat akan banyak makna di dalamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Mas Fariz.
      Memang benar, Qlapa begitu mendukung kreativitas anak bangsa. Ini secara tidak langsung akan mempertahankan budaya yang telah lama ada di nusantara juga. Kita ambil contoh seperti penggunaan kain songket yang kini tidak hanya untuk pakaian adat/untuk acara tertentu, melainkan di sini (berkat kreativitas tersebut) songket bisa lebih modern untuk digunakan dalam aktivitas keseharian dengan ragam bentuk yang lain misalnya dompet, tas, dsb.
      Terima kasih atas apresiasinya dan kunjungannya :)

      Hapus
  3. ulasan yang sangat menarik! memang dibutuhkan sebuah platform khusus untuk mengembangkan kreatifitas produk lokal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Mbak Lysya.
      Terima kasih atas apresiasinya.
      Benar sekali, untuk itulah Qlapa hadir sebagai salah satu platform penunjang masyarakat agar lebih produktif dalam menciptakan kreasi-kreasi yang unik dan menarik. Apalagi kreativitas mereka dapat dihargai orang lain yang dalam hal ini dibeli dengan nominal tertentu. Ada kepuasan tersendiri dari itu.
      Sekali lagi, terima kasih.

      Hapus
  4. Terkait dengan produk yg diberi label "customizable", apakah bisa produknya misalkan diberi tulisan/ukiran nama? Dan juga bagaimana dlm penetapan harganya, apakah ada tarif khusus dlm setiap permintaan konsumen?
    Btw keren ulasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Agent 47.
      Sepengetahuan saya, jelas permintaan tersebut dapat dilayani oleh crafters di Qlapa. Namun terkait penetapan harga, saya kurang tau karena kebijakan pengrajin bisa berbeda, kalau berbicara 'sepertinya' mungkin tidak dikenakan tarif tambahan.
      Terima kasih untuk kunjungan dan apresiasi yang diberikan.

      Hapus
  5. Terimakasih mas firdi atas ulasannya. Saya jadi tau website online shop yg khusus menjual produk lokal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Mbak Linda.
      Dengan senang hati dapat membagikan informasi yang memang harus disampaikan ke khalayak orang banyak. Setelah sudah tau, nantinya jangan lupa untuk intip koleksi produk yang dijual di sana dan jangan ragu untuk bertransaksi. Nah dengan begitu, secara tidak langsung kita turut mendukung ekonomi kreatif Indonesia yang sedang gencar dikembangkan.
      Terima kasih.

      Hapus
  6. Bahkan founder dari Qlapa ini pernah masuk dlm kategori under 30 years .... 2015 atau 2016 mngkin (lupa, pokoknya di dunia) stlah itu aku coba2 buka websitenya dan ternyata product2 yg ditawarkan keren2 amat, apalagi aku suka yg handmade2 gtu n unik2 pula, sempat mau beli tp kaga jadi 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Mas Syamsul.
      Rekam jejak perjalanan Qlapa memang sudah pernah diceritakan di beberapa media. Founder dari Qlapa, yaitu Benny Fajarai masuk ke dalam Forbes 30 Under 30 Asia - Consumer Tech (300 of the top promising young leaders, daring entrepreneurs and game changers in 10 different sectors). Dia memang punya niat yang mulia untuk memberdayakan kreativitas lokal melalui internet.
      Wah, semoga lain waktu berbelanjanya bisa kesampaian yah. Bisa jadi rekomendasi new look di Lebaran nanti hehe.
      Terima kasih.

      Hapus
  7. Gini nih, kan namanya kita belanja online jadinya gabisa nyobain kan, ragu belanja online krn takut ukuran gak pas, emang sih udah ada tertera ukuran tapi kadang beda gitu. Jadinya gimana Qlapa ini meyakinkan pembelinya bahwa ukuran yang tertera dan yang sebenarnya tidak jauh berbeda. Terima kasiih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Mbak Mauliani
      Nah ini sih masalah sejuta umat ketika berbelanja online. Selain sudah dijelaskan di detail produk mengenai ukuran (misalnya untuk sepatu: variasi size 39 = 24cm). Di Qlapa kita juga akan diberikan solusi yang dapat diaplikasikan untuk menentukan ukuran tersebut agar lebih pas dan gak salah pilih. Sebab begitu banyak tips yang diberikan Qlapa untuk pembeli terkait cara mengukur ukuran sepatu, cara merawat produk, dsb. (bit.ly/2jIbOr0).
      Terima kasih kembali.

      Hapus
  8. Wah ulasan yang sangat menarik mas Firdi! Baru kali ini tau ada lapak online yang menjual produk lokal handmade. Semoga dengan adanya Qlapa, produk lokal semakin digemari dan semakin maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Mbak Mutia.
      Terima kasih juga untuk kesempatannya mampir ke sini.
      Itulah yang diharapkan oleh Qlapa, yaitu agar produk lokal bisa bersaing di kancah internasional. Sebelum ada Qlapa kan untuk mendapatkan produk handmade sangat susah, harus tanya sana-sini bahkan harus datang ke tempat pengrajinnya langsung yang bisa saja berada di pulau seberang. Sekarang gampang, tinggal duduk manis dan main dengan jari, kita udah bisa dapatkan produk yg dicari. Pengrajin juga bisa nambah omzet penjualan. Mutualisme!
      Sekali lagi, terima kasih.

      Hapus
  9. Bermanfaat sekali ulasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Mas Evhan.
      Bersyukur sekali jika artikel ini bisa memberikan dampak yang positif terutama bagi kemajuan Indonesia khususnya dalam industri ekonomi kreatif.
      Terima kasih telah berkenan nengok ulasan ini sekaligus atas apresiasinya.

      Hapus
  10. Ulasan sangat bagus yang dibuat oleh Firdi tentang Qlapa ini. Tetapi saya sering meragukan kalau produk lokal indonesia di jual secara online karena seperti yang kita ketahui penjualan via online terkadang membuat orang geram karena apa yang ada di situs belanja onlinenya itu tidak sesuai dengan aslinya terkadang juga bisa menipu.Nah, apakah di Qlapa ini orang dapat berbelanja dengan nyaman tanpa takut dengan hal hal seperti penipuan dll???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi.
      Terima kasih telah melihat artikel ini dan tentunya terima kasih untuk apresiasinya.
      Jangan khawatir karena penjual di Qlapa telah melalui proses kurasi yang sangat ketat. Sehingga gambar produk dan aslinya dapat dipastikan sama. Perlu digarisbawahi kembali bahwa Qlapa menawarkan produk yang dibuat langsung pakai tangan pengrajinnya. Ini tentunya menyebabkan adanya perbedaan kecil pada setiap produk.
      Kemudian terkait dengan ketakutan akan unsur penipuan. Tenang, untuk proses pembayarannya Qlapa menerapkan sistem escrow yang artinya Qlapa memberlakukan jaminan uang kembali 100% jika barang rusak/transaksi batal. Qlapa juga telah dilengkapi sistem keamanan.
      Terima kasih.

      Hapus
  11. Berapa lama proses pengiriman barang di Qlapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Mas Sastra.
      Mengenai lama proses pengiriman barang di Qlapa tidak dapat ditentukan secara pasti. Tergantung apakah barang yang dipesan sudah ready atau harus pre-order terlebih dahulu. Selain itu, lokasi dan jenis outsource menjadi penentu lamanya proses pengiriman tersebut. Estimasi pengiriman dapat ditanyakan langsung ke CS atau pengrajinnya.
      Ohya, Qlapa telah dilengkapi fitur penghitung ongkos kirim. Selanjutnya bisa menggunakan kode voucher FOREVER untuk mendapatkan gratis ongkos kirim selamanya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
      Terima kasih.

      Hapus
  12. Hi Mas Firdi.. maaf agak lama kasih komentar di topik ini soalnya saya butuh waktu untuk melihat content dsb, lebih baik lagi jika pernah berbelanja lewat QLAPA, bisa lebih detai lagi. Satu hal menari dengan platform ini.. yang tidak memperbolehkan agen, reseller dan distributor untuk promosi disini.... jadi murni untuk pelaku bisnis/produsen langsung.. BRAVO! Ini mempersingkat "supply chain" yang memangkas keberadaan "middle man" untuk berperan sebagai pedagang. Tidak hanya memberikan keuntungan lebih kepada produsen (tanpa harus memberikan "kick-back" atau selisih profit margin) tetapi juga memperbaiki sistem direct-sales dari produsen ke konsumen, sehingga membuat jalur perdagangan lebih sehat dan lebih sustainable..

    Saya jadi tertarik untuk mendaftar jadi anggota untuk bisa promosi produk hasil kerja dari workshop saya, yang jelas lokal juga dan asli Lombok, sehingga bisa masuk ke pasar lewat platfrom QLAPA. Mudah-mudahan lancar... Good luck for everyone who's involved in this platfrom.. keep up the good work...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi.
      Berarti setelah baca artikel ini langsung stalking bisnis startup Qlapa dong? Benar, harus cobain belanja juga agar bisa lebih realistis dan makin kenal dengan Qlapa ini. Saya sangat setuju dengan pendapatnya mengenai platform Qlapa. Dengan ketentuan seperti yang dipaparkan di atas memang memberikan keuntungan bagi semua pihak, karena tidak ada lagi perbedaan harga yang ditetapkan pada setiap pelapak di satu situs padahal merek, dsb sama. Pun, kita tidak perlu khawatir soal produk tiruan/KW karena jelas setiap crafters memiliki perbedaan. Maka dari itu pembeli merasa aman dan penjual tidak bisa mematikan penjual lainnya.
      Wah, punya aktivitas bisnis produk handmade juga? Keren. Idenya sudah tepat tuh untuk menjadi mitra di Qlapa. Di Qlapa, penjual bisa memasarkan produknya pada pasar yang tepat, bersanding dengan produk-produk pilihan, mengiklankan tanpa biaya awal, bebas berjualan tanpa stock minimum, dan lain-lain. Aamiin, hope everything's running well.
      Terima kasih.

      Hapus
  13. Ulasannya informatif dan sangat lengkap. Jadi makin penasaran dengan bisnis startup yg dijalankan Qlapa. Tp bukannya udah banyak ya online shop yg jualan barang handmade?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Mas Iqbal.
      Terima kasih telah mengapresiasi tulisan ini, dan tidak lupa terima kasih juga sudah main ke sini.
      Silakan dilihat konten yang disediakan oleh Qlapa dengan mengunjungi situs atau instal aplikasinya. Terkait dengan online shop serupa dapat dikatakan memang ada, tapi masih dalam bentuk personal, belum terorganisir seperti Qlapa ini. Sehingga keberadaan mereka (tidak semua) dirasa masih kurang aman dalam beberapa hal. Ini semua balik ke konsumen untuk dipertimbangkan.

      Hapus
  14. A review of Qlapa is very interesting, but there may be limitations, one of which can not reach areas that can not access the internet. Besides, what may be abstract products such as party packages, tours, umrah and others, can be marketed through Qlapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello, Mr. Yaya.
      Thanks a million for appreciating this.
      Exactly right, Qlapa can't reach areas that aren't connected to the internet. But, just fyi, a survey of global internet usage conducted by We Are Social (2017), said that the number of internet users in the world has touched 3.8 billion people. This indicates that internet penetration worldwide reaches 51%, it means more than half of the population in the world. Menkominfo (MCIT) discloses that for Indonesia itself, all the underdeveloped, leading, and outermost regions in Indonesia are already connected to the internet network in 2019.
      For now, Qlapa has not offered the product as mentioned above. Because Qlapa emphasizes its products on the type of local handicrafts Indonesia. Especially for a party packages, Qlapa provides some related equipment only. I caught that Qlapa didn't focus on services, precisely toward tangible products.
      Once again, thank you.

      Hapus